For a better experience please change your browser to CHROME, FIREFOX, OPERA or Internet Explorer.
3 Cara Mewujudkan Rumah Bersih dan Sehat

3 Cara Mewujudkan Rumah Bersih dan Sehat

Rumah bersih dan sehat adalah idaman setiap orang. Namun seringkali dua faktor penting ini yang sering luput dari perhatian. Pada dasarnya bersih pangkal kesehatan, jangan sampai keadaan rumah yang kotor membuat kesehatan Anda dan keluarga memburuk. Berikut 3 cara mewujudkan rumah bersih dan sehat:

Jaga Kualitas Udara Di Dalam Rumah

rumah bersihRumah sehat adalah rumah yang memiliki bukaan yang cukup untuk melancarkan sirkulasi udara sekaligus memasukkan cahaya matahari sehinga kualitas udara terjaga dengan baik. Pastikan rumah Anda memiliki sirkulasi udara yang baik. Jangan biarkan rumah Anda terlalu lembab. Anda bisa meletakkan kapur serap air yang berfungsi menyerap kadar air di dalam udara. (Baca: Atasi Rumah Lembab Dengan Cara Ini! )

Anda juga bisa memasang exhaust fan agar udara di dalam ruangan terbuang ke luar. Bersihkanlah secara teratur perangkat AC, kulkas, dan air purifier. Gunakan pembersih lantai yang ramah lingkungan dan bukalah pintu dan jendela pada saat menggunakannya agar udara tidak mengendap di dalamnya.

Bersihkan Setiap Ruangan Secara Rutin

dapur di rumah

Jangan biarkan ada ruangan yang luput dibersihkan, terutama, kamar mandi, dapur, bahkan gudang. Bersih atau tidaknya kamar mandi mencerminkan pemiliknya, karena kamar mandi merupakan area paling pribadi di rumah Anda. Jangan sampai kamar mandi Anda kotor dan berjamur. Aktivitas memasak rentan menimbulkan noda dan kotoran yang membandel. Jika Anda tidak merawat dan membersihkan dapur Anda dengan baik, noda minyak, makanan dan debu dapat membuat dapur Anda kotor dan rumah jadi tidak sehat. Gudang jangan terbaikan, meski gudang memiliki porsi peran yang sedikit di dalam rumah. Anda tidak mau kan gudang ada penuh dengan kecoak dan tikus? (Baca: Menjaga Kualitas Ruang Gudang di Rumah )

Mendetoks Rumah

ruang keluarga

Detoks atau penetralan racun tidak hanya dapat dilakukan untuk tubuh Anda tapi bisa juga dilakukan untuk tempat tinggal Anda. Karena rumah terisolasi dari dunia luar, maka debu, kotoran dan racun-racun itu bisa terjebak di dalam ruangan. Ruangan yang perlu mendapat perhatian lebih untuk didetoks adalah kamar Anda. Mendetoks kamar sangat penting, karena pada saat tidur, tubuh Anda bekerja untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengembalikan energi mental, hingga regenerasi sel di kulit, jangan sampai kamar tidur Anda menjadi sarang kuman dan penyakit. ( Baca: 5 Cara Praktis Mendetoks Rumah )