For a better experience please change your browser to CHROME, FIREFOX, OPERA or Internet Explorer.
Berapa Sesungguhnya Biaya Pasang Listrik Prabayar

Berapa Sesungguhnya Biaya Pasang Listrik Prabayar

Beberapa tahun lalu, sebelum inovasi listrik pintar diluncurkan, masyarakat lazim menggunakan energi listrik terlebih dulu baru selnjutnya membayar belakangan di bulan berikutnya. Namun dengan adanya sistem yang baru, pelanggan kini diminta mengeluarkan uang/biaya lebih dulu untuk membeli energi listrik yang akan dikonsumsinya. Besar energi listrik yang telah dibeli oleh pelanggan dimasukkan ke dalam Meter Prabayar (MPB) yang terpasang di rumah pelanggan melalui sistem ‘token’ (pulsa) atau stroom. Lalu berapa sesunggunnya biaya pemasangan listrik prbayar urbaners? check it out!

MPB menyediakan informasi jumlah energi listrik (kWh) yang masih bisa dikonsumsi. Persediaan kWh tersebut bisa ditambah berapa saja dan kapan saja sesuai kebutuhan dan keinginan Pelanggan. Dengan demikian, pelanggan bisa lebih mudah mengatur konsumsi listrik dengan mengatur sendiri jadwal dan jumlah pembelian listrik. Bagaimana Prosedur Pemasangannya?

Pengajuan permohonan sambungan baru dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:

a) Datang langsung ke kantor pelayanan PLN terdekat sesuai domisili/lokasi rumah yang akan disambung listriknya dengan membawa;

-Fotocopy kartu identitas pemilik/pengguna bangunan (KTP/SIM) yang masih berlaku

-Denah/peta lokasi rumah (diperlukan untuk memudahkan dalam proses survei lapangan)
Surat Kuasa bila pengajuan permohonan diwakilkan

-Membayar biaya penyambungan

b) Pengajuan permohonan sambungan baru juga dapat dilakukan melalui saluran telepon Call Center PLN 123.

Setelah persyaratan diatas dipenuhi, tahapan berikutnya adalah:

-Pemberkasan administrasi permohonan sambungan baru.

-Survei lapangan untuk mengetahui secara persis kondisi kelistrikan dilapangan (kondisi teknis, jarak dengan tiang terdekat, jarak dengan trafo terdekat, dan informasi teknis lainnya).

-Calon pelanggan menyelesaikan proses admistrasi di Kantor PLN. Proses pembayaran biaya penyambungan hanya dapat dilakukan di Kantor PLN dan atau melalui bank yang ditunjuk.

-Menandatangani Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL).

-PLN akan melakukan penyambungan listrik ke rumah pelanggan, setelah seluruh proses administrasi terselesaikan dan secara teknis sudah dapat dilakukan penyambungan.

Berapa biaya sebenarnya?

Sedangkan biaya lain meliputi urusan instalasi, akan diserahkan kepada pihak PT Perintis Perlindungan Instalasi Listrik Nasional (PPILN). Menurut situs resminya, untuk biaya pemeriksaan keamanan instalasi arus listrik adalah sebagai berikut.

Terakhir soal pelunasan pembayaran keseluruhan pemasangan, pelanggan akan diberikan nomor register yang kemudian bisa dilakukan melalui ATM, teller bank, atau datang langsung ke kantor PLN terdekat. Dan demi membangun Indonesia bersih, harap tidak memberikan tip atau uang kepada petugas PLN Urbaners. Sekian info, semoga bermanfaat ya!

Sumber: dari berbagai sumber